Rabu, 02 November 2011

5 Fakta Unik Tentang Cokelat

. Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztecdan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes  membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528. Oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris.
2. Coklat  berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950 berhasil mengumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.
3. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.
4. Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positif oleat bagi kesehatan jantung
5. Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. . Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya, dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine, yaitu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).




2 komentar:

  1. wah,,kalo fakta tentang dopamine itu bner, bgt,,,kalo lg bete makan cokelat bisa jadi happy lg,,,thx udah share,,,

    btw selamat buat blognya,,,kereennn,,,

    BalasHapus
  2. hoho..masih dalam tahap perbaikan ini blognya.. iya.. makan coklat enak ya.. :) baca info2 lainnya jga ya.. :)

    BalasHapus